Parenting

Dari Generasi Baby Boomers Menuju Generasi Z

Apa yang membedakan tumbuh kembang anak dari zaman – ke zaman? Melansir situs orami, saat ini ada 5 generasi dengan gaya hidup...

Written by Rosdaniar · 1 min read >
generasi z

Apa yang membedakan tumbuh kembang anak dari zaman – ke zaman?

Melansir situs orami, saat ini ada 5 generasi dengan gaya hidup yang berbeda-beda. Generasi yang pertama adalah generasi BABY BOOMERS yaitu anak-anak yang lahir dibawah tahun 1960 dimana anak-anak tersebut lahir setelah berbagai perang di dunia selesai. Untuk ukuran tahun 2020, generasi ini terlihat sangat ketinggalan zaman dan susah mengikuti perkembangan zaman. Namun, pada era ini, anak-anak tersebut terlatih kuat mental. Mereka harus bertahan hidup dengan kesulitan-kesulitan yang ada. Sehingga, di fase kehidupan selanjutnya, daya tahan atau daya lenting (resiliensi) saat menghadapi masalah akan terasa kuat.

Generasi yang kedua adalah Generasi X yang lahir di antara tahun 1965 – 1979. Orang sering menyebutnya gen X. Hampir sama dengan era baby boomers, era generasi X juga dihadapkan dengan masa-masa yang penuh perjuangan. Untuk mengasilkan uang mereka harus bekerja keras. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi di Indonesia yang belum begitu pesat.

Generasi yang ketiga adalah Generasi Y atau Gen Y, yang lahir di antara 1980 – 1994. Era generasi ini adalah era gadget, computer dan games mulai banyak bermunculan. Anak-anak pada masa ini mulai gemar mengoleksi dan memainkan games baik di computer atau di games konsol seperti Nintendo, Play Station dll. Namun, di Indonesia anak-anak generasi Y masih merasakan masa-masa sulit saat krisis moneter Indonesia tahun 1998. Sehingga, mereka yang berada di tahun-tahun itu juga masih menghadapi kerasnya tantangan dalam hidupnya.

Dan sekarang, anak – anak yang lahir dan berkembang diantara tahun 1995 – 2019 disebut Generasi Milenial atau Generasi Z. Teknologi sudah sangat maju. Seolah-olah dunia dalam genggaman. Informasi-informasi dengan mudah diperoleh. Standar pergaulan mulai berubah dari dunia nyata ke dunia maya. Dan ditambah dengan perekonomian Indonesia sudah lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya.

Generasi yang paling akhir adalah Generasi Alpha yang lahir setelah tahun 2019. Tapi, Ibuk tidak bahas generasi ini dan akan fokus ke generasi yang saat ini sedang berlangsung.

Anak Generasi Milenial atau Generasi Z adalah keturunan dari anak generasi X dan Generasi Y. Banyak orangtua dari kalangan Generasi X dan Generasi Y merasa bahwa “Cukup kami saja yang susah, anak kami jangan dong”. Dengan perekonomian yang sudah jauh lebih baik, lalu anak-anak mereka fasilitasi dengan berbagai kemudahan dalam mencapai apa yang anak inginkan.

Apakah itu tepat?

Ibuk bahas di Postingan berikutnya ya ^^

Gambar diambil dari freepik

Written by Rosdaniar
Penulis merupakan psikolog klinis di salah satu instansi pemerintah. Selain sebagai Psikolog Klinis, penulis merupakan ibu dari dua putri cantik. Profile
anakku tangguh

Anakku Tangguh!

Rosdaniar in Parenting
  ·   2 min read
tantangan orangtua di era milenial

Tantangan Orangtua di Era Milenial

Rosdaniar in Parenting
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.